Makanan untuk Netralisir Alkohol

Anda tahu alkohol tidak baik untuk tubuh. Ketika Anda benar-benar tidak dapat menghindarinya, terlebih di musim perayaaan Natal, Anda mungkin berpikir untuk mencari makanan yang bisa membantu menetralisirnya.

Alkohol sangatlah buruk karena membuat hati harus mendetoksifikasinya sampai delapan jam. Selama itu, kemampuan hati atau liver Anda untuk menangani racun lainnya berkurang. Untuk itu, Anda perlu makanan sehat untuk memperkuat kemampuan hati Anda, seperti dilansir dari Dailymail, Kamis (24/12/2015).

Nutrisi antioksidan seperti vitamin A, C, dan E serta mineral seperti zink dan selenium sangat penting untuk fungsi hati serta melindungi tubuh terhadap kerasnya alkohol. Antioksidan banyak ditemukan seperti dalam wortel, tomat, paprika, selada air, bit, kubis, brokoli, dan kale. Makan suplemen tambahan seperti vitamin C 500mg sebelum, selama, dan setelah minum alkohol juga bermanfaat.

Hati kita dapat melindungi diri dari kerusakan alkohol dengan memproduksi deposit lemak, yang justru dapat menghambat kemampuan tubuh untuk detoksifikasi alkohol. Vitamin C dan susu thistle dapat membantu mencegah efek ini.

Kebanyakan penelitian ilmiah menunjukkan milk thistle meningkatkan fungsi hati dan meningkatkan kelangsungan hidup pada orang dengan sirosis atau hepatitis kronis karena alkoholisme, tetapi ini masih perlu dikonfirmasi oleh studi yang lebih konsisten dan lebih besar.